Minggu, 23 Juli 2017

7 Tips Sebelum Membeli Drone untuk pemula

Kamu ingin membeli drone? ada beberapa tips yang harus diketahui sebelum kamu membeli drone. Tips ini dikhususkan untuk kamu yang masih seorang pemula. 

Bermain drone saat ini sudah menjadi trend. Jika dulu drone hanya digunakan untuk kepentingan militer. Sekarang drone telah di jual belikan secara bebas. Tentu dengan spesifikasi yang berbeda,  antara drone yang digunakan keperluan militer dan drone yang digunakan untuk umum.

Tips Membeli Drone bagi Pemula

Jika kamu hobi dalam dunia penerbangan, maka drone adalah solusi. Walaupun drone dikatakan pesawat tanpa awak, tapi tetap saja ada yang mengendalikan. Didalam dunia penerbangan, yang mengendalikan pesawat dikatakan pilot. Drone adalah pesawat tanpa awak. Dan kamu yang menjadi pilotnya.


Kamu ingin membeli drone?


Sebelum membeli drone, ada beberapa tips yang harus diketahui. Hal ini tentu agar nantinya tidak salah beli. Agar tidak terjadi penyesalan setelah membeli. Agar kamu tidak rugi.


7 Tips Sebelum Membeli Drone untuk Pemula.


1. Fitur

Sebelum membeli drone, yang paling penting untuk di perhatikan adalah fitur yang terdapat di dalam drone. Bagi anda seorang pemula saya sarankan anda membeli drone yang sudah dibekali dengan fitur auto take off, auto landing, return to home, smart mode & headless mode.


 a. Auto Take Off & Auto Landing

Apa itu fitur auto take off? Apa itu auto landing?

Mengapa begitu disarankan untuk pemula?

Auto take off adalah fitur menerbangkan drone secara otomatis. Karena drone bukan sekedar mainan yang sama seperti mobil remote control. Butuh kemampuan khusus untuk menerbangkan. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengendalikan drone. 


Auto landing adalah fitur yang ditanamkan dalam drone yang membuat drone bisa mendarat secara otomatis. Ini sangat membantu seorang pemula yang baru belajar mengemudikan drone. Karena mendaratkan drone membutuhkan skill khusus. Sehingga landingnya tepat, minim guncangan, tidak menimbulkan risiko.


Mengapa saya menggabungkan penjelasan fitur drone auto take off dan auto landing?


Karena memang fitur ini sama saja. maksudnya, apabila sebuah drone dibekali dengan auto take off, secara tidak langsung juga dibekali dengan auto landing.


Fitur auto take off dan auto landing sangat membantu para pemula seperti anda. Cukup menekan satu tombol, drone anda nantinya akan terbang secara otomatis dan jika anda menekan kembali tombolnya, drone anda akan mendarat secara otomatis dengan sempurna.

 b. Return to Home

Fitur return to home adalah membuat drone anda kembali ke posisi awal take off dan melakukan pendaratan secara otomatis. 


Fitur return to home meskipun terlihat sama seperti auto landing, namun sebenarnya berbeda. Fitur return to home membuat drone yang anda terbangkan sangat safety flight. Karena fitur ini dapat mengobati kecemasan anda apabila drone yang anda terbangkan mengalami kehilangan visual. Anda kehilangan drone anda dan tidak tampak lagi terbang kemana. Cukup dengan menekan tombol return to home maka drone anda akan kembali ke posisi take off. Namun syaratnya anda wajib melakukan kalibrasi GPS sebelum menerbangkannya.


 c. Smart Mode, Headless Mode, or Intelligent Orientation Control.

Sebenarnya ketika anda menerbangkan drone, sangat berisiko terjadi kecelakaan seperti menabrak bangunan, pohon, atau melukai seseorang dengan baling-baling drone tersebut. Hal ini dapat terjadi apabila anda kehilangan orientasi arah terbang. 


Ketika menerbangkan drone, anda wajib mengetahui dimana posisi hidung drone. Hidung drone adalah posisi depan drone anda. Anda harus selalu mengetahui kemana arah hidung drone anda. Karena bisa saja anda salah persepsi. 


Ketika anda yakin bahwa posisi hidung drone anda berada ke arah barat, padahal posisi sebenarnya drone anda berada ke arah timur. Dan tepat di arah timur terdapat pohon. Ketika anda memajukan drone ke arah depan, drone tidak terbang sesuai dengan keyakinan anda (ke arah barat), melainkan drone terbang ke arah timur sesuai dengan kenyataanya. Kemudian drone tersebut menabrak pohon dan menyebabkan kerusakan. Hal ini berakibat fatal apabila yang disamping drone tersebut adalah orang. Ini dapat melukai orang tersebut apabila terkena baling-baling drone.


Untuk memperkecil risiko tersebut, para pencipta drone membuat fitur smart mode, headless mode. Tujuannya agar anda mudah mengendalikan arah drone anda. 


Sistem kerja fitur tersebut adalah menghilangkan fungsi hidung pada drone. Jadi, drone dapat terbang ke posisi manapun yang pilot perintahkan. Tidak adalagi arah depan dan arah belakang. Drone dapat terbang ke arah manapun pilot perintahkan. Arah depan, belakang, kiri dan kanan. Dimanapun posisi hidung berada, arah terbang tetap berdasarkan perspektif (sudut pandang) pilot.


2. jarak dan jangkauan

Tips ketiga sebelum membeli drone adalah jarak dan jangkauan. Perhatikan berapa jarak dan jangkauan terbang drone yang ingin di beli.

Jarak terbang drone tergantung pada TX (transmitter) dan RX (receiver). Ada drone yang mampu terbang dengan jarak 300 meter, 450 meter, 500 meter, bahkan juga ada yang dapat terbang hingga 4500 meter. Sebelum membeli, perhatikan dulu berapa jarak terbangnya. Sehingga sesuai dengan keinginan anda. 


jika anda membeli drone dengan tujuan untuk mengambil gambar, beli lah drone yang dapat terbang dengan jarak yang jauh. Karena ini akan membuat pengambilan gambarnya lebih bagus. Namun, jangan hanya perhatikan jarak terbang saja. perhatikan juga kamera, jika memang tujuan anda untuk pengambilan gambar atau rekam video.  

3. Kamera

Tips Membeli Drone bagi pemula

Jika tujuan anda membeli drone untuk pengambilan gambar atau video, maka perhatikan jenis kamera yang diberikan. Atau anda juga dapat membeli kamera lain, dan menggantinya. Namun ini menambah beban biaya anda lagi. Pada dasarnya kamera drone dimulai dari jenis VGA, 2MP, bahkan ada yang HD 12 MP.

4. Baterai

Tips Membeli Drone

Drone tidak diterbangkan menggunakan bahan bakar aftur. Drone terbang menggunakan baterai. Ada baterai yang dapat bertahan selama 15 menit. Ada yang dapat bertahan 25 menit. Ini tergantung jenis baterai apa yang digunakan.


Jadi, tips sebelum membeli drone yang keempat adalah perhatikan kapasitas baterai.

Sebelum membeli, anda harus melihat dulu berapa kapasitas baterai tersebut dan berapa berat baterai. Jika kapasitas baterai drone anda kecil, hanya dapat terbang selama 15 menit, anda bisa mengakali dengan membeli baterai cadangan. 


Jika anda memiliki baterai cadangan, apabila baterai pertama habis, kamu bisa langsung menggantinya dengan baterai cadangan dan bisa menerbangkan kembali drone anda tanpa harus menunggu proses pengecasan. Karena menurut referensi yang saya baca, durasi pengecasan baterai drone lumayan lama. Bahkan ada yang sampai 3-4 Jam.

5. Harga

Beberapa Tips yang harus diketahui sebelum membeli Drone

Tips ke lima adalah harga. Bermain drone merupakan hobi yang mahal. Namun, semua itu juga harus sesuai dengan kapasitas budget yang anda punya.


Ada drone yang harganya sampai puluhan juta, ada drone yang harganya hanya jutaan saja.


Tentu saja, mahalnya harga sesuai dengan bagusnya fitur yang diberikan. Tapi, untuk kamu seorang pemula, kamu tidak perlu membeli drone yang harganya sampai puluhan juga. Ada banyak jenis drone yang kualitasnya sudah bagus dan harganya terjangkau.

Jadi, perhatikan harganya sebelum membayar drone yang akan kamu beli tersebut hehehe

6. Tujuan Membeli Drone

Sebenarnya apa tujuan anda membeli drone. Hanya sekedar hobi? Ingin melakukan aksi manuver hebat di udara? Atau ingin memotret keindahan alam dari udara?


Tujuan anda membeli drone penting diketahui. Agar semua sesuai dengan keinginan anda. Agar tidak terjadi penyesalan setelah membeli.


Jika tujuan kamu ingin membeli drone hanya sekedar hobi, maka kamu tidak perlu membeli drone dengan kualitas kamera yang bagus. Yang terpenting adalah drone kamu dapat terbang dengan baik. Yang kamu butuhkan adalah durasi terbang yang lama.
Jika tujuan kamu membeli drone adalah untuk keperluan fotografer, kamera haruslah menjadi prioritas nomor satu. Karena kualitas kamera menentukan hasil pemotretan. Lazimnya, semakin tinggi megapixel kamera, semakin bagus gambar atau video yang dihasilkan. 

7. Bergabung dengan Komunitas Drone

Walaupaun tidak sepenting tips-tips di atas, tapi bergabung dengan komunitas dapat menambah wawasan anda tentang permainan ini. Bergabung dengan komunitas juga membuat kamu menemukan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan kamu. 

Atau

Kamu juga bisa menonton tutorial bermain drone di youtube untuk meningkatkan skill kamu dalam menerbangkan drone.


Kesimpulan

Setelah membaca uraian di atas, tips yang terpenting sebelum membeli drone untuk anda pemula  adalah belilah drone yang sesuai dengan tujuan anda. 


Oh iya. hampir lupa. Padahal ini juga penting. umumnya drone terbagi menjadi tiga macam jenis. Yaitu RTF, BNF, ARF. 


RTF (ready to fly) 
Sesuai dengan namanya, drone ini langsung dapat diterbangkan. Semuanya sudah komplit. Anda hanya perlu memasang baling-baling drone dan mengecas baterainya.

BNF (bind to fly) 
drone jenis ini membuat anda harus memasang semua komponen dan mensetting nya agar bisa terbang. Drone BNF juga tidak dilengkapi dengan remote control. Jadi anda harus membeli terpisah

ARF (almost ready to fly)
Kalau kamu pemula sebaiknya hindari membeli jenis ini. karena jenis ini membuat kamu harus membeli semua komponen drone dan merangkainya sendiri. semua komponen-komponennya dijual secara terpisah, kemudian kamu menggabungkan hingga menjadi drone yang siap diterbangkan.









Terima Kasih telah berkunjung. Terima kasih telah membaca. Semoga tips membeli drone yang telah disampaikan, berguna untuk anda. Jika ingin menambahkan tips nya atau ingin mengoreksi silahkan di kolom komentar. :)

kamu seorang gamer? atau ingin menjadi gamer proffesional dan dikenal di internet?
Menjadi gamer proffesional dan dikenal di internet

Related Posts

7 Tips Sebelum Membeli Drone untuk pemula
4/ 5
Oleh

8 komentar

23 Juli 2017 03.06 delete

nice inpoh gan, sangat bermanfaat

Reply
avatar
2 Agustus 2017 08.34 delete

Terima Kasih atas infonya. sangat membantu saya yang ingin membeli drone

Reply
avatar
3 September 2017 08.23 delete

Memang memainkan drone tidak mudah, karena ane udh pernah merasakanya.. Juga harga nya pun sangat mahal sayang kalo sampe rusak. Jadi harus hati" memainkannya makasih atas infonya um..

Reply
avatar
3 September 2017 08.29 delete

Terimakasih juga karena telah berkunjung, Harris munahar.

Reply
avatar
3 September 2017 08.29 delete

Iya gan. Terimakasih kembali karena sudah mampir kemari

Reply
avatar